Rabu, 25 Januari 2012

Alat Penggambar Tanggapan Magnitudo Tapis dalam Rentang Frekuensi Audio


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Tapis (filter) adalah pengolah sinyal yang bergantung pada frekuensi. Tapis akan memberikan tanggapan tertentu terhadap sinyal dengan frekuensi tertentu. Tanggapan ini disebut tanggapan frekuensi. Tanggapan frekuensi terdiri dari tanggapan magnitudo dan tanggapan fase. Tanggapan magnitudo berupa fungsi
penguatan atau pelemahan sinyal terhadap frekuensi, sedangkan tanggapan fase berupa fungsi pergeseran fase terhadap frekuensi. Kedua tanggapan ini sering dinyatakan dalam bentuk grafik.

Grafik tanggapan magnitudo tapis bisa diperoleh dengan cara teori maupun praktek. Cara teori dilakukan dengan menggambar Bode Plots dari fungsi alihnya, sedangkan cara praktek dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  1. Pemberian sinyal sinus dengan frekuensi tertentu pada masukan tapis.
  2. Pengukuran tegangan sinus pada masukan dan keluaran tapis.
  3. Penghitungan gain tegangan dengan persamaan Av = 20 log (Vout / Vin) dB......................................................(1.1) sehingga diperoleh pasangan data (frekuensi , Av).
  4. Pengulangan langkah 1 sampai 3 dengan frekuensi yang berbeda untuk mendapatkan pasangan data (frekuensi , Av) yang lain.
  5. Pengolahan data dengan curve fitting sederhana.
  6. Penyajian data yang telah diolah ke dalam bentuk grafik.


Keenam langkah tersebut bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan AFG (Audio Function Generator) sebagai pembangkit sinus dan osiloskop sebagai alat ukur tegangan. Kemudian data (frek , Av) yang diperoleh digambar pada kertas semilog. Akan tetapi, cara ini menyita banyak waktu dan tenaga. Agar langkah 1 sampai 6 bisa dilakukan dengan cepat, maka diperlukan alat yang bisa mengotomatisasikan langkah-langkah tersebut. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengajukan judul skripsi ini.

1.2 Perumusan Masalah
Masalah yang dihadapi penulis adalah bagaimana membuat alat untuk menggambar grafik tanggapan magnitudo tapis secara praktek dengan cara mengotomatisasikan keenam langkah tersebut. Alat ini diharapkan bisa menampilkan grafik tanggapan magnitudo pada komputer dan bisa mencetak grafik tersebut pada kertas.

1.3 Batasan Masalah
Dalam merancang dan mengimplementasikan alat penggambar tanggapan magnitudo, penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :
1. Rentang frekuensi yang dipilih adalah rentang frekuensi audio (20 Hz sampai 20 kHz).
2. Alat ini bisa digunakan pada tapis unity gain maupun tapis yang memiliki gain lebih dari satu.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan alat penggambar tanggapan magnitudo tapis secara praktek. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu elektronika.

1.5 Sistematika Penulisan Laporan Tugas Akhir
Sistematika yang digunakan dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi gambaran umum mengenai laporan tugas akhir yaitu, latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II DASAR TEORI
Bab ini berisi dasar teori alat berupa diagram kotak dan penjelasan masingmasing komponennya.
BAB III PERANCANGAN ALAT
Bab ini berisi perancangan alat berupa perancangan diagram kotak dan komponen-komponen penyusunnya. Perancangan ini meliputi perancangan perangkat keras dan perangkat lunak.
BAB IV PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi hasil pengujian alat dan pembahasannya, baik secara parsial maupun keseluruhan.
BAB V PENUTUP
Bab ini membahas kesimpulan dari hasil penelitian dan saran untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi referensi yang menunjang penelitian ini.
LAMPIRAN
Berisi skema rangkaian perangkat keras, program bahasa assembly, DELPHI, daftar frekuensi yang dihasilkan oleh pembangkit sinus, dan pembuktian beberapa persamaan metematis.

silahkan download skripisi selengkapnya disini


0 komentar

Posting Komentar