Selasa, 24 Januari 2012

Analisa dan Perancangan Sistem Pengisian Formulir Rencana Studi secara online di STIMIK Perbanas


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi di seluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan, baik hambatan geografis maupun hambatan waktu. Kita dapat segera berkomunikasi dengan
keluarga/saudara/teman yang berada di belahan dunia lain secara langsung melalui jaringan internet.
Kemudahan-kemudahan yang dihasilkan oleh jaringan internet ini telah pula membuat proses perkuliahan dapat dipermudah, terutama dalam proses pengisian Formulir Rencana Studi (FRS). Karena dengan adanya
jaringan internet telah dimungkinkan dibuatnya pengisian Formulir Rencana Studi secara online. Untuk pembuatan aplikasi secara online, sekarang ini telah tersedia berbagai bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi secara online, diantaranya yaitu ASP (Active Server Pages), PHP (PHP: Hypertext Preprocessor), Coldfusion dan Perl. Dalam kesempatan kali ini yang akan penulis gunakan adalah bahasa
pemrograman PHP.

B. Perumusan Masalah
Dalam pelaksanaan selama ini, pengisian Formulir Rencana Studi masih menggunakan sistem manual, yaitu mahasiswa mengisi formulir yang diambil dari petugas, kemudian antri di loket penyerahan formulir apabila formulir tersebut telah disetujui oleh Penasihat Akademik. Apabila semua kelas yang diambil masih
kosong, maka mahasiswa tersebut akan mendapat tanda pengesahan, namun apabila ternyata kelas yang ingin diambil sudah penuh, maka mahasiswa tersebut harus menyusun ulang jadwalnya kemudian kembali mengantri di loket penyerahan formulir untuk meminta tanda pengesahan, apabila kelas yang dipilih ternyata sudah penuh lagi, maka mahasiswa tersebut harus mengatur ulang jadwalnya kemudian mengantri lagi di loket penyerahan, begitu seterusnya. Hal ini sangatlah membuangbuang waktu, karena setiap ada kelas yang penuh mahasiswa harus mengantri ulang dari awal, antrian ini merupakan antrian yang panjang, terutama bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi, karena mahasiswa jurusan tersebut sangatlah banyak. Hal
tersebut juga membuat petugas penerima besar kemungkinan untuk menjadi kurang teliti karena banyaknya mahasiswa yang harus dilayani, hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan mermasukkan data ketika proses memasukkan data ke database.
Apabila menggunakan sistem online, mahasiswa dapat memilih sendiri matakuliah yang diinginkannya secara langsung melalui komputer-komputer yang tersedia di laboratorium, warnet bahkan dari rumah masing-masing. Dengan pengisian langsung, apabila ada kelas yang telah penuh, maka sistem akan secara
otomatis menolak, dan mahasiswa tersebut dapat langsung merubah jadwalnya pada saat itu juga, tanpa perlu mengantri ulang. Sistem juga akan otomatis menolak apabila mahasiswa tersebut memilih mata kuliah yang mata kuliah prasyaratnya belum lulus. Dengan sistem online ini, berarti akan berkurangnya kesalahan dalam proses memasukkan data, karena mahasiswa memasukkan datanya masing-masing.

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki sistem lama, yang secara manual dan menggantikannya dengan sistem baru, yang barjalan secara online. Penggantian sistem ini diharapkan dapat menghemat biaya serta menghemat waktu yang telah dikeluarkan selama proses pengisian Formulir Rencana Studi berlangsung.

D. Batasan Penelitian
Penelitian ini memiliki batasan/ruang lingkup penelitian yang mencakup :
􀂾 Peninjauan ulang sistem pengisian Formulir Rencana Studi yang sekarang berjalan.
􀂾 Pembuatan database dalam format MySql untuk mendukung sistem pengisian Formulir Rencana Studi secara online.
􀂾 Pembuatan skrip-skrip yang diperlukan dalam proses pengisian Formulir Registrasi Mahasiswa dengan bahasa pemrograman PHP.
􀂾 Sitem pengisian Formulir Rencana Studi online yang dibuat mencakup proses sejak mahasiswa menukarkan bukti pembayaran, sampai mahasiswa mendapatkan bukti pengisian Formulir Rencana Studi.
􀂾 Tugas akhir ini tidak mambahas mengenai perangkat keras yang dibutuhkan oleh sistem pengisian Formulir Rencana Studi online.
􀂾 Tugas akhir ini beranggapan bahwa STIMIK Perbanas sudah memiliki jaringan komputer untuk mendukung sistem pengisian Formulir Rencana Studi online, oleh karena itu tidak lagi dibahas mengenai jaringan komputer.

E. Metodologi Penelitian
􀂾 Penelitian dilakukan dengan mengambil contoh kasus di STIMIK Perbanas Jakarta, yang dimulai sejak bulan September 2002.
􀂾 Data-data yang dibutuhkan dalam melakukan penelitian adalah Alur data (Data Flow Diagram) mengenai proses pengisian Formulir Rencana Studi di STIMIK Perbanas.
􀂾 Penelitian dilakukan dengan studi literatur dan observasi.

F. Sistematika Penulisan
BAB I. PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang latar belakang penelitian, mengapa topik ini menjadi pilihan penulis, tujuan penelitian, batasan penelitian serta metodologi penelitian yang digunakan.
BAB II. LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang landasan teori yang digunakan, seperti penjelasan mengenai : internet, HTTP, WWW, HTML, MySQL, PHP.
BAB III. ANALISA SISTEM YANG SEKARANG BERJALAN
Bab ini berisi mengenai analisa sistem yang sekarang berjalan. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui lebih jelas mengenai masalah yang dihadapi pada sistem yang sekarang berjalan.
BAB IV. PERANCANGAN SISTEM USULAN
Menjelaskan mengenai proses analisa dan perancangan Sistem Pengisian Formulir Rencana Studi secara online.
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi uraian tentang kesimpulan yang didapat dari proses pembuatan Sistem Pengisian FRS Online, serta saran yang dapat penulis berikan apabila sistem ini ingin dikembangkan lebih lanjut.

untuk skripsi lengkapnya dapat didownload disini


0 komentar

Posting Komentar