Kamis, 26 Januari 2012

Analisa Trafik dan Performansi Pada Jaringan Teknologi GSM


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang
Sekarang ini hampir semua instrumen telekomunikasi bergerak menggunakan teknologi yang berbasis selluler. Sistem Telekomunikasi bergerak berbasis selluler menawarkan kelebihan dibandingkan dengan Sistem Wireline (jaringan kabel), yaitu mobilitas sehingga pengguna dapat bergerak kemanapun selama masih dalam cakupan layanan Operator.

Tetapi dalam penerapannya sistem ini juga memiliki keterbatasan – keterbatasan diantaranya terbatasnya kanal pembicaraan seiring dengan banyaknya jumlah pelanggan teknologi komunikasi seluler, sehingga mengakibatkan apa yang disebut dengan block call yang pada tahun baru kemarin terjadi pada jaringan milik PT Telkomsel. Selain itu masalah penerimaan sinyal RF (Radio Frekuensi) juga menjadi faktor yang sangat penting dalam sistem komunikasi Wireless. Rendahnya kualitas level sinyal penerima ini yang mengakibatkan sering terjadinya kegagalan proses panggilan atau biasa yang disebut dengan Drop call.
Oleh karena itu perlu dilakukan proses monitoring dan analisa yang berkelanjutan guna memantau kinerja sistem ini. Dari analisa trafik tersebut dapat dilihat letak permasalahan yang mengakibatkan buruknya performansi suatu jaringan Telekomunikasi.


1
 


1.2.      Batasan Masalah
1.      Laporan Tugas Akhir ini hanya membatasi permasalahan tentang Trafik dalam sistim telekomunikasi selluler.
2.      Mengatasi permasalahan yang terjadi dalam jaringan komunikasi khususnya dalam hal penerimaan radio frekuensi.

1.3.      Tujuan Penelitian
Menganallisa data trafik beserta parameter – parameter yang ada dalam sebuah sistem seluler berbasis teknologi GSM Khususnya BSC Semarang – 1 guna mengetahui permasalahan yang ditimbul beserta usulan perbaikan kinerja sistem.

1.4.      Metode Penulisan 
Dalam penyusunan Laporan TA ini, digunakan beberapa metode, antara lain :
1.      Metode Study Literatur.
Mengambil dan mengumpulkan teori-teori dasar serta teori pendukung dari berbagai sumber, terutama meminta data dari pihak Telkomsel, buku-buku referensi dan situs-situs dari internet tentang apa-apa yang menunjang dalam analisa ini.
2.      Metode Observasi.
Beserta pembimbing dan rekan – rekan teknisi lapangan dari devisi NO PT TELKOMSEL, mengadakan kunjungan langsung ke lapangan untuk mengamati dan mengadakan observasi secara langsung tentang perangkat – perangkat yang digunakan oleh TELKOMSEL seperti pada MSC, BSC, TRAU, BTS, MMU, SMU, OMC, Radio Link, dan masih banyak lagi peralatan yang lain.
3.      Metode Konsultasi.
Melakukan konsultasi dengan pembimbing TA dan rekan – rekan teknisi lapangan, untuk memperoleh gambaran dan penjelasan tentang berbagai macam hal mengenai teknologi GSM dan sistem yang digunakan di PT TELKOMSEL.
4.      Metode Studi Pustaka.
Mempelajari literatur GSM dan sistemnya baik diperpustakaan PT TELKOMSEL Semarang dan mempelajari data – data yang ada di PT TELKOMSEL melalui file – file yang sudah ada.




Dari data – data yang ada maka dapat dianalisa tingkat kebutuhan trafik dalam sebuah jaringan telekomunikaasi selluler berbasis teknologi GSM untuk mengamati apakah performansi sebuah sistem bekerja dengan baik atau tidak. Data – data yang diambil diantaranya SDCCH blocking dan TCH drop adalah diakibatkan beberapa faktor yaitu akibat congestion atau RF lost. Dari data – data tersebut dapat kita lihat permasalahan apa yang timbul dari buruknya performasi kerja sistem. Dan dengan analisa yang dibuat akan diusulkan lagkah – langkah apa guna memperbaiki kinerja sistem, dan dengan analisa yang dibuat akan diusulkan langkah – langkah apa guna memperbaikikinerja sistem tersebut.

1.5.      Sistematika Penulisan
BAB I             PENDAHULUAN
Berisi latar belakang batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, serta sistematika penulisan.
            BAB II            SISTEM GSM
Berisi paparan pengetahuan dasar mengenai sistem selluler khususnya yang berbasis teknologi GSM. Pada bab ini juga terdapat dasar – dasar teori yang berhubungan dengan teknologi selluler  mulai dari Sel Converage, spektrum frekuensi, konfigurasi jaringan, dan konsep kanal GSM.
BAB III          PEMANTAUAN TRAFIK DAN PREDIKSI PENERIMAAN LEVEL SINYAL PADA PROPAGASI SINYAL RADIO MOBILE
Bab ini berisi parameter-parameter yang dipakai untuk menganalisa performansi jaringan GSM berikut permasalahan yang mempengaruhi buruknya kinerja sistem khususnya dalam hal level penerimaan sinyal.
BAB IV          ANALISA TRAFIK DAN PENINGKATAN PERFORMANSI JARINGAN
Pada bab ini akan dianalisa data-data yang dikoleksi dalam suatu periode tertentu untuk mengetahui permasalahan yang timbul dalam sistem yaitu masalah cakupan coverage serta penerima sinyal.
BAB V            PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari analisa trafik.

silahkan download skripsi lengkapnya disini



0 komentar

Posting Komentar