Kamis, 26 Januari 2012

Aplikasi Chatting menggunakan GPRS


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi komunikasi telah menjadikan penghalang ruang dan waktu antar manusia menjadi terabaikan. Pertukaran infomasi yang begitu cepat menjadikan kebutuhan manusia akan informasi dituntut untuk segera terpenuhi. Pada setiap waktu dan di segala tempat informasi dapat diperoleh. Pertukaran informasi antara satu individu dengan individu yang lain tidak hanya dengan komunikasi secara langsung, tapi juga dapat secara tak langsung, baik berupa informasi audio maupun visual. Informasi secara visual dapat
berupa gambar atau tulisan.
Secara umum, komunikasi dapat dilakukan melalui audio maupun visual. Salah satu cara komunikasi secara visual berupa tulisan yang lazim digunakan dalam dunia internet adalah chatting. Chatting dapat  mengkomunikasikan informasi secara cepat dan dua arah antara dua individu atau lebih. Oleh karena itu, dengan chatting dapat dibentuk suatu forum yang membahas tema tertentu. General Packet Radio Service (GPRS) merupakan salah satu layanan Global System for Mobile Communications (GSM) yang mengirimkan data berupa paket-paket yang menghubungkan antara operator telepon selular dengan
pengguna telepon selular. GPRS dapat mencapai kecepatan transfer data yang cukup tinggi (dapat mencapai 144 kbps).
Teknologi Java menciptakan suatu sistem yang dapat membuat suatu program yang telah dibuat, dapat dipakai di segala tempat, pada komputer, telepon selular, maupun PDA (Personal Digital Assisstant), walaupun dengan berbagai sistem operasi yang berbeda. Teknologi GPRS yang memudahkan akses internet setiap waktu dan di segala tempat (berada dalam cakupan operator yang memiliki koneksi GPRS) Digabungkan dengan teknologi Java yang fleksibel, pemanfaatan teknologi tersebut akan sangat berguna dalam perkembangan informasi. Dengan aplikasi chatting yang diciptakan dari kedua teknologi tersebut, penggunaan teknologi informasi dimungkinkan bukanlah menjadi kebutuhan yang mewah tetapi dapat menjadi kebutuhan sehari-hari.

1.2 Rumusan Masalah
Untuk dapat mengakses internet melalui perangkat telepon selular, teknologi terdahulu menggunakan koneksi GSM konvensional yang selalu terhubung selama pemakaian, baik digunakan maupun tidak. Dengan GPRS, akses internet disediakan hanya selama proses permintaan dan pengiriman informasi yang berupa data paket.
Agar dapat merealisasikan suatu sistem komunikasi tertulis secara dua arah melalui telepon selular maka dirancanglah suatu sistem yang dapat menghubungkan pengguna perangkat telepon selular untuk berkomunikasi dengan menggunakan tulisan melalui internet.

1.3 Pembatasan Masalah
Penulisan skripsi ini dibatasi pada pembuatan aplikasi chatting pada telepon selular melalui GPRS dan melalui komputer.

1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengaplikasikan teknologi perangkat telekomunikasi bergerak yang dapat mengakses internet melalui GPRS, sebagai penghubung komunikasi berupa tulisan yang dapat diakses di segala tempat dan setiap waktu, baik komunikasi tertulis dua pihak maupun banyak pihak, di negara
yang telah mengadopsi teknologi GPRS.

1.5 Metodologi Penulisan
Metodologi yang digunakan dalam tulisan ini adalah sebagai berikut.
1. Studi kepustakaan.
Metode ini digunakan untuk mendapatkan bahan-bahan referensi dan sehingga dalam penulisan dan perancangan dapat dicapai hasil yang jelas dan rinci.
2. Penelitian
Dalam proses penulisan dan perancangan dilakukan penelitian yang mendukung pembuatan aplikasi chatting.

1.6 Sistimatika Penulisan
Untuk memberikan gambaran, skripsi ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB 1 PENDAHULUAN;
terdiri atas latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB 2 DASAR TEORI;
berisi tentang garis besar teori GPRS, Java, dan WAP. BAB 3 PERANCANGAN SISTEM; terdiri atas cara merancang suatu hubungan komunikasi berupa tulisan yang dapat diakses pada sebuah telepon selular.
BAB 4 APLIKASI DAN PEMBAHASAN;
berisi tentang aplikasi program dan cara kerjanya.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN;
berisi tentang kesimpulan dan saran dalam pembuatan tulisan ini agar dapat diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut.

silahkan download skripsi lengkapnya disini


0 komentar

Posting Komentar