BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini kemajuan teknologi sangatlah
pesat, perkembangannya kian hari kian meningkat dan persaingan pun kian ketat
pula. Kemajuan teknologi pastinya juga bersentuhan dengan komputer. Komputer merupakan
sarana komunikasi yang sangat dibutuhkan bagi setiap manusia di muka bumi ini. Hal ini dikarenakan manfaat yang diperoleh
jauh lebih besar dibandingkan dengan komponen atau
alat lainnya. Komputer juga dapat
memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Komputer juga dapat
mengurangi potensi terjadinya kesalahan pengolahan data dibanding pengolahan
data secara manual, tapi tentunya semua ini tergantung dari kualitas sumber
daya manusia yang mengoperasikan komputer. Hanya saja penggunaan komputer ini
dalam beberapa bidang, pengolahan datanya terkadang masih menggunakan aplikasi
yang sederhana dan kurang kompleks sehingga dapat menyebabkan data yang
dihasilkan kurang akurat dan efisien.
PT Caraka Travelindo merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yang sangatlah akrab dengan
kemajuan komputerisasi. Citra dan pamor dimata masyarakat cukuplah mengangkat
nama perusahaan ini. Namun di sisi lain, ditemukan masih kurangnya informasi
yang diberikan perusahaan tersebut, baik informasi layanan pariwisata seperti
tour dan travel maupun informasi pemesanan tiket dan objek-objek wisata yang
ada di Sulawesi Selatan.
Informasi yang disampaikan melalui
website Caraka Travelindo yang digunakan pada saat ini, masih dianggap kurang
menyampaikan seluruh aspek-aspek yang menyangkut perusahaan ini. Sebagai
contoh, apabila seseorang ingin mengetahui jadwal pesawat yang akan berangkat
dan tiba, mengecek status pesawat (apakah pesawat tersebut sudah dipesan atau
belum), serta pemesanan tiket haruslah berhubungan langsung pada kantor
tersebut.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan inilah penulis mencoba
mengembangkan sistem informasi yang telah ada dan dari penelitian ini kami
mengangkat judul “Sistem Informasi Pemesanan
Tiket Berbasis WEB pada PT Caraka Travelindo Makassar”.
1.2
Pokok Permasalahan
Berdasarkan latar
belakang yang telah dipaparkan, maka pokok permasalahan yang ditemukan adalah :
1.
Banyaknya waktu yang dibutuhkan
dalam melakukan proses pemesanan tiket.
2.
Proses pembuatan faktur masih
bersifat manual (ditulis atau diketik).
3.
Informasi yang disampaikan oleh
sistem yang sedang berjalan (website) hanya berupa profil perusahaan (tidak
bisa melakukan pemesanan tiket dan pencarian informasi pariwisata melalui
website perusahaan).
1. 3 Batasan Masalah
Dalam hal ini, penulis akan membatasi pada masalah Informasi Jadwal
Pesawat, Jumlah penumpang Pesawat dan jenis Pesawat yang digunakan, Informasi
kursi pesawat yang sudah dipesan (sisa kursi yang masih kosong), pemesanan
tiket serta informasi pariwisata lainnya berupa peta Sulawesi dan objek-objek
wisata di yang ada di Pulau Sulawesi.
1.4 Tujuan dan
Manfaat Penelitian
1.4.1
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini yaitu :
1.
Merancang sistem informasi pemesanan
tiket berbasis web.
2.
Menguji program yang dirancang,
apakah sudah bebas dari kesalahan logika.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat
yaitu:
1.
Diharapkan dengan dilakukannya
pengembangan sistem ini, PT. Caraka Travelindo dapat lebih mudah dalam mengelola
informasi tiket pesawat terbang.
2.
Dapat menjadi sarana untuk
melatih kemampuan yang dimiliki penulis dalam bidang teknologi informasi
sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis.
3. Untuk memudahkan dan mempercepat dalam melakukan
pemesanan tiket.
4.
Untuk
memudahkan memperoleh informasi tentang kondisi pesawat yang akan berangkat dan
tiba.
skripsi full dari BABI - BABV download disini
2 komentar
mas...
ada gax program y
tolong dulu mas di bagi
ini email q >>
riniswi_simarmata@yahoo.com
Posting Komentar